Tumis Petai Teri Bumbu Cabai

Masakan dengan bahan utama ikan teri memang banyak sekali dipilih dan disukai oleh banyak orang, terutama bagi pecinta kuliner khas Indonesia. Tapi sekarang ini, teri bisa dicampur dengan bahan makanan lain seperti menggunakan petai dan juga ditambah bumbu cabai. Untuk pencampuran jenis makanan ini biasa disebut dengan tumis petai teri bumbu cabai. Kenapa petai? Petai ini sangat terkenal dan hanya ada Indonesia, mungkin di luar negeri ada tapi sangat langka dan sulit untuk ditemukan. Pete merupakan nama pohon yang menghasilkan biji yang sebagian orang rasanya itu tidak lezat alias aneh. Bagian biji petai yang masih muda biasanya diambil untuk dicampurkan pada olahan masakan atau lalapan. Meski memiliki bau khas, ada banyak sekali penggemar petai apalagi sudah ditumis yang kemudian dicampurkan ke dalam bahan makanan lain.

Dari sekian banyak proses penyajian masakan sederhana, kebanyakan orang lebih suka menyajikan petai ini dengan cara ditumis yang kemudian dicampurkan dengan teri yang sudah dicampurkan pada bumbu cabai. Untuk menyesuaikan selera, bagi kamu yang suka makanan pedas pastikan memasak dengan banyak cabai. Namun, untuk selera yang biasa saja kamu cukup menyajikan cabai untuk jumlah yang sesuai. Selain pedas, hasil masakan dari tumis petai teri bumbu cabai ini cukup gurih hingga sangat nikmat di lidah. Untuk jenis ikan teri, kamu harus membersihkan dan menjemur terlebih dahulu dibawah terik matahari agar kering. Sedangkan untuk jenis cabai, pilihlah cabai merah yang besar agar masakan kamu tidak berbau. Kamu bisa menyantap tumai petai teri bumbu cabai ini saat makanan siang maupun makan malam bersama keluarga. Untuk bahan dan cara membuatnya, berikut ini akan dipaparkan khusus untuk kamu:

Bahan-Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Tumis Petai Teri Bumbu Cabai

Bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat tumis petai teri bumbu cabai ialah sebagai berikut:

  • 2 papan petai yang sudah kamu kupas. Tapi biarkan kulit airnya jangan kamu buang. Jika selera ingin lebih banyak, kamu bisa menambah beberapa papan petai lagi.
  • 200 gram teri jengki, jangan sampai kamu membeli teri yang tidak bagus dan terlalu asin.
  • 10 buah cabai merah yang sudah kamu tumbuk kasar. Jangan menggunakan cabai kering karena hasil masakannya bisa berubah.
  • 10 butir bawang merah yang diiris tipis. Untuk ukuran bawang putih jangan terlalu besar.
  • 5 siung bawang putih yang juga sudah diiris tipis. Sama dengan bawang merah, jangan terlalu besar, apalagi untuk bawang putih aromanya sangat menyengat.
  • 1 sdm air jeruk nipis yang baru saja kamu peras. Jangan gunakan jeruk nipis sisa yang sudah dipotong dan lama di dalam kulkas.
  • 1 buah tomat ukuran sedang. Untuk tomat ini bisa juga jika kamu tidak ingin menambahkannya.
  • Garam secukupnya. Kamu bisa rasa nanti apakah kadar garamnya sudah cukup atau tidak.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Minyak goreng yang belum digunakan lebih dari dua kali untuk menggoreng dan menumis.

Cara Membuat Tumis Petai Teri Bumbu Cabai

Pertama, kamu letakkan semua bahan masakan rumah yang sudah siap diiris maupun dicuci sebelumnya pada sebuah wadah untuk memudahkan kamu memasak nantinya. Berikut ini cara menyajikan resep tumis petai teri bumbu cabai:

  • Cuci teri hingga bersih, jangan terlalu lama karena bisa mengurangi rasa asli dari teri tersebut. Jika sudah, jemur teri tersebut hingga kering.
  • Panaskan minyak goreng yang belum pernah kamu gunakan untuk menggoreng sebelumnya pada api yang sedang. Jika kamu menggunakan kompor, api lebih besar karena panas yang dihasilkan akan berbeda dengan kompor gas. Goreng teri hingga kering dan matang. Jika sudah, angkat dan tiriskan. Jangan lupa menggunakan wajan teflon seperti ini agar masakan tidak lengket
  • Ambil minyak lagi sebanyak 5 sendok makan atau secukupnya untuk menumis, panaskan. Masukkan bawang putih yang sudah diiris tadi, aduk hingga warna mulai kekuningan. Tambahkan bawang merah dan cabai iris, aduk lama hingga rata. Saat dirasa cukup, langsung masukkan petai, gula pasir, dan garam yang kemudian aduk hingga petai dan cabai layu. Angkat.
  • Masukkan teri goreng dan air jeruk nipis yang kemudian aduk perlahan dengan spatula hingga bahan tersebut tercampur dan meresap ke dalam bumbu.
  • Makanan siap diangkat dan disajikan.

Itu dia menu masak untuk tumis petai teri bumbu cabai sebagai resep ikan yang bisa kamu coba dirumah.

error: Content is protected !!