Sunrise di Punthuk Setumbu

Sebuah pagi adalah pertanda babak baru bagi Kehidupan Membawa semangat baru, membawa harapan baru Semoga kebahagiaan pagi ini membuat hidupmu semakin berwarna

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit setinggi kurang lebih 400 meter dpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Puncak Punthuk Setumbu memiliki pelataran luas yang dikelilingi pagar pembatas. Di tempat ini terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang bisa digunakan duduk menanti matahari terbit. Dulunya tempat ini merupakan ladang penduduk. Namun setelah seorang fotografer mengabadikan gambar sunrise Borobudur nan epik dari tempat ini, orang-orangpun mulai berdatangan mengunjungi tempat ini guna menyaksikan sunrise.

Kamu pernah melihat foto Candi Borobudur di kala fajar yang diselimuti lapisan kabut tipis? Terlihat mistis sekaligus eksotis ya? Susunan batu-batu Candi terlihat begitu kokoh sekaligus dingin dan angkuh. Eksotisme pemandangan matahari terbit seperti ini memang selalu menjadi magnet yang memukau. Baik buat mata, tubuh, dan baik juga buat perasaanmu kak.., hahaha…

Nah, jika kamu berencana melakukan perjalanan wisata ke Yogyakarta dan sekitarnya, ada baiknya kamu mulai perjalananmu dari tempat ini. Bukit Punthuk Setumbu memiliki pemandangan pagi yang berbeda. Selain menyaksikan matahari yang bergerak perlahan dari balik Gunung Merapi dan Merbabu, kamu juga bisa melihat siluet kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian. Tentu saja ini menjadi keuntungan tersendiri. Tak heran jika akhirnya Punthuk Setumbu menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan sunrise bagi wisatawan asing dan juga spot favorit para fotografer.

Kalau kamu ingin melihat Sunrise di Punthuk Setumbu kamu bisa Email : info@colouringindonesia.com atau menggunakan jasa Yogyakarta Personal Guide

Lokasi dan Akses menuju Bukit Punthuk Setumbu

Bukit Punthuk Setumbu terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Berjarak sekitar 44 km dari Yogyakarta dan dapat ditempuh sekitar 1-1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk mencapai bukit ini bukanlah perkara yang sulit sebab sudah terdapat petunjuk arah menuju lokasi. Dari depan Taman Wisata Candi Borobudur silahkan melaju menuju Hotel Manohara, kemudian lurus terus ke arah perbukitan Menoreh. Tak jauh dari situ ada pertigaan dan petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Silahkan belok kanan mengikuti petunjuk arah hingga sampai di tempat parkir Bukit Punthuk Setumbu.

Aktifitas yang bisa dilakukan

  1. Melihat Sunrise

Jangan lupa bangun pagi kak! Karena jam 4.30 pagi kamu sudah harus sampai tempat parkir. Gak lucu kan kalau kesiangan? Kecuali kamu punya tujuan lain. Nyari jodoh misalnya.. Punthuk Setumbu Nirvana Sunrise, itulah tagline bukit ini. Jika kamu tiba sekitar jam 5 pagi, kerlap-kerlip lampu di kejauhan menjadi pemandangan yang bisa kamu saksikan. Seiring pagi tiba, lampu-lampu itu akan mati satu persatu, dan berganti warna Langit yang berubah menjadi merah, kuning keemasan dan berakhir dengan biru bersih. Seperti pertunjukan Kolosal Semesta. Andaikata matahari tertutup mendung, kamu tak perlu kecewa. Hamparan kabut yang perlahan naik dan menghilang akan menjadi pemandangan yang mempesona. Perfect!

  1. Trekking

Dari tempat Parkir yang ada di kaki bukit, kamu diwajibkan tracking sekitar 20-30 menit untuk mencapai puncak Puthuk Setumbu. Tergantung kecepatan langkahmu. Bisa lebih lama kalau kamu berjalan sambil bergandengan tangan dengan pacarmu membahas masa depan, cieee… Walau rute yang akan dilalui menanjak dan berliku, tetapi semuanya sudah tertata rapi dan di semen membentuk anak tangga. Penerangan jalanpun sudah ada. Tidak perlu khawatir tersesat atau salah arah. Warung yang berjualan minuman hangat dan makanan ringan ada di beberapa titik di sepanjang jalan menuju puncak.

  1. Hunting Foto

Kalo kamu suka memotret Landscape, maka tempat ini adalah salah satu spot terbaik. Sunrise dengan Background gunung Merapi dan Merbabu serta hamparan kabut putih dari sela-sela pepohonan yang bisa menjadi Foreground-nya. Kamu juga bisa memotret Candi Borobudur dari titik ini. Tapi jangan lupa bawalah lensa tele (70-200mm). Candi Borobudur terlalu kecil jika cuma mengandalkan lensa wide. Andaikata cuaca mendung, kamu tetap bisa mengambil gambar Borobudur atau perkampungan yang diselimuti lautan kabut. Kabut putih yang menutupi pepohonan dan perkampungan itu akan menciptakan layer yang menarik serupa kue lapis.

Waktu terbaik mengunjungi Bukit Punthuk Setumbu

Bagi wisatawan maupun fotografer yang ingin mengabadikan sunrise dari Punthuk Setumbu, maka waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat musim kemarau yaitu sekitar bulan Juni hingga Agustus. Pada bulan-bulan ini matahari dapat terlihat dengan jelas tanpa diselimuti mendung sehingga bisa mendapatkan moment yang indah.

Harga Tiket (Agustus 2016)
  • Wisatawan Domestik Rp 15.000
  • Wisatawan Asing Rp 30.000

 

Share
error: Content is protected !!