Resep Sapi Lada Hitam yang Sederhana Tapi Istimewa

Kalau membahas resep masakan daging, mungkin kamu masih beranggapan kalau daging itu susah untuk dimasak. Padahal, banyak lho masakan sederhana dan mudah dari daging yang bahkan bisa kamu buat sendiri di rumah. Masih pemula? Jangan khawatir, karena kamu tetap masih bisa membuat masakan olahan daging yang lezat dan istimewa! Salah satunya adalah resep sapi lada hitam berikut ini.

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan makanan yang satu ini. Soalnya, sapi lada hitam banyak disajikan di berbagai restoran. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa membuat sendiri makanan ini di rumah, lho. Nah, buat kamu yang sudah tidak sabar ingin mencoba resep masakan rumahan sapi lada hitam yang sederhana tapi luar biasa ini, selamat membaca resepnya dan memasak, ya!

Resep Sapi Lada Hitam

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 350 gr daging sapi has dalam, diiris tipis-tipis. Gunakan pisau dapur yang tajam seperti ini agar serat daging mudah dipotong dan hasilnya rapi
  • 1/2 buah paprika merah, dipotong-potong jadi kotak atau dadu besar
  • 1/2 buah paprika hijau, dipotong-potong jadi kotak atau dadu besar
  • 1 butir bawang bombay, diiris-iris kasar
  • 1 ruas jahe, diiris-iris jadi seukuran korek api
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh gula palem atau gula pasir (jumlahnya bisa disesuaikan sesuai dengan selera kamu)
  • 500 ml air (bisa ditambah kalau kurang)
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  • Bumbu-bumbu untuk merendam daging:
    • 2 sendok makan saus tiram
    • 3 sendok makan kecap manis
    • 2 sendok makan kecap asin
    • 1 sendok makan merica hitam tumbuk kasar

Cara membuatnya :

  1. Siapkan sebuah wadah, kemudian campur daging sapi has dalam yang sudah diiris tipis-tipis dengan bumbu perendam daging. Aduk dan pastikan seluruh permukaan daging terendam bumbu. Remas-remas agar bumbu semakin mudah meresap ke dalam daging. Sisihkan terlebih dahulu agar bumbunya meresap selama kira-kira 1 jam. Kamu juga bisa simpan daging yang sedang direndam itu di dalam kulkas.
  2. Setelah kira-kira 1 jam dan daging sudah menyerap bumbu, siapkan wajan dan panaskan minyak untuk menumis bawang bombai dan bawang putih. Tumis sampai harum. Tambahkan irisan jahe ke dalam tumisan bawang putih dan bawang bombay tersebut, lalu aduk sampai merata. Gunakan selalu wajan teflon seperti yang ada di halaman ini agar masakan tidak mudah lengket
  3. Tambahkan daging ke dalam wajan, sekaligus dengan sisa bumbu perendam dagingnya. Aduk sampai warna dagingnya berubah.
  4. Tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, gula, dan merica. Aduk bumbu-bumbu tersebut dengan spatula sampai tercampur merata dengan daging.
  5. Tuang air dan lanjutkan memasak sampai daging menjadi empuk. Kamu bisa bebas tambahkan airnya jika nanti daging belum berubah jadi empuk saat air sudah mau habis. Tapi tambahkan air dengan hati-hati dan jangan sembarangan agar dagingnya tidak malah jadi terlalu empuk dan kuahnya jadi terlalu encer.
  6. Tambahkan paprika hijau dan merah, aduk-aduk sampai paprika jadi agak layu. Koreksi rasa dan tambahkan bumbu sesuai dengan selera Anda.
  7. Lanjutkan memasak sampai kuahnya jadi mengental. Kemudian angkat wajan dari api dan sapi lada hitam pun siap untuk disajikan!

Oh iya, punya masalah saat mengiris daging karena kamu tidak bisa mengirisnya jadi tipis-tipis? Tenang saja, kamu bisa coba tips berikut ini, kok! Simpan dulu dagingnya di dalam freezer sampai setengah beku, kemudian iris daging tipis-tipis dengan menggunakan pisau yang tajam. Jadi, daging tidak akan terasa terlalu empuk atau “lembek” dan kamu bisa mengirisnya jadi irisan tipis-tipis dengan mudah!

Lalu, bagaimana kalau kamu ingin menambah level pedasnya? Kamu cukup tambahkan cabe merah dan cabe hijau besar sesuai dengan seleramu! Iris-iris cabenya, lalu tumis bersama dengan bawang putih, bawang bombai, dan jahenya tadi, alias sebelum ditambah dengan daging yang sudah direndam.

Wah, siapa bilang memasak daging sapi itu susah, ya? Dan kamu juga bisa jadikan resep sapi lada hitam ini sebagai resep baru andalanmu saat hari raya Idul Adha berikutnya! Jadi, kamu dan keluarga tidak perlu menyantap makanan seperti gulai atau tengkleng saja, karena sekarang kamu sudah punya resep baru sebagai alternatif makanan yang berlemak dan bersantan!

error: Content is protected !!