Resep Masakan Sederhana Tempe Sambal Santan Praktis

Masakan sederhana tempe sambal santan – Siapa sih yang nggak kenal tempe? Tempe bisa dikatakan sebagai bahan makanan sejuta umat karena semua orang bisa membeli dan mendapatkannya dengan mudah. Selain itu, tempe juga bisa diolah dengan berbagai macam cara tanpa menghabiskan waktu. Karena semua olahan tempe bisa diproses dalam waktu yang cepat.

Kandungan Nutrisi Tempe

Tempe sudah banyak diteliti komposisinya tak hanya oleh masyarakat Indonesia saja, tetapi juga orang-orang di luar sana. Dengan banyaknya makanan khas tradisional hasil fermentasi tentu tak menurunkan image tempe sebagai salah satu produk paling banyak diteliti dan paling diterima oleh masyarakat. Dalam tempe terdapat protein, karbohidrat, lemak, kalsium, serat, fosfor, besi, thiamin, niacin, riboflavin, zat besi, asam pantotenat, biotin, piridoksin, vitamin B12, dan akt retinol.

Apa Saja Manfaat Tempe?

Tempe disebut-sebut sebagai sumber protein, sebab kandungan protein yang terdapat dalam tempe bisa disetarakan dengan protein yang terkandung pada daging, justru tempe lebih banyak terdapat protein di dalamnya. Nutrisi yang terkandung dalam tempe memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan kedelai, sebab kandungan protein yang bisa larut dalam air menyebabkan peningkatan aktivitas pada enzim proteolitik. Pasalnya enzim proteolitik ini bisa memecah rantai protein yang panjang menjadi zat-zat tertentu yang bisa dicerna tubuh.

Tempe juga mengandung kalsium yang sama seperti kalsium yang terdapat pada susu sapi. Tempe merupakan satu-satunya sumber nabati berupa vitamin B12. Bahkan kandungan vitamin B12 pada tempe sudah cukup memenuhi kadar vitamin B12 dalam tubuh seseorang setiap harinya. Selain itu, tempe mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, sangat tepat jika memilih hidangan dari tempe ini. Hal ini dikarenakan tempe bisa membantu kalian menurunkan berat badan dengan cara alami. Untuk olahannya pun bermacam-macam, kamu bisa memilih salah satu olahan yang disukai sesuai selera.

Tempe juga bisa meningkatkan kadar HDL. Dimana kadar kolesterol baik yang terdapat dalam darah tersebut terbukti bisa membuat kadar kolesterol jahat dalam tubuh berkurang. Tempe bisa mencegah berbagai penyakit degeneratif, dan bisa membuat organ jantung tetap sehat.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat tempe bagi kesehatan tubuh, jika kamu sudah mengetahui khasiatnya tentu saja kamu penasaran bukan dengan resep-resep olahan tempe. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tempe bisa diolah ke dalam berbagai jenis masakan, selain digoreng ternyata tempe juga bisa diolah ke dalam tempe sambal santan.

Resep Masakan Sederhana Tempe Sambal Santan

Baiklah, jika bunda sudah tak sabar dengan santapan tempe sambal santan untuk menu makan siang atau makan sore keluarga, berikut kami sampaikan resep masakan rumah tempe sambal santan yang praktis, seperti berikut :

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 200 gram tempe, lalu potong dengan ketebalan 0,5 cm. Kalau pisau dapurnya tajam seperti ini akan mudah memotongnya
  • 250 cc santan dari ½ butir kelapa
  • 1 batang serai, kemudian memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • Daun kemangi sebagai pemberi aroma sekaligus pelengkap masakan
  • Gula pasir seperlunya sesuai selera
  • Garam seperlunya sesuai selera

Bumbu-bumbu yang dihaluskan

  • ¼ sdt merica butiran
  • ½ sdt terasi goreng
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 7 buah cabai merah

Cara membuat tempe sambal santan :

  1. Pertama-tama masak santan terlebih dulu, kemudian tambahkan serai, daun jeruk, gula pasir, bumbu halus, garam, sampai mengental dan mengeluarkan minyak. Jika sudah, bunda bisa mengangkatnya dari wajan. Oh ya, gunakan wajan teflon seperti produk di halaman ini agar masakan tidak mudah lengket
  2. Selanjutnya panggang tempe tepat di atas bara api sampai berwarna kecokelatan dan matang. Jika sudah, angkat tempenya.
  3. Jika semuanya sudah matang, siapkan wadah saji lalu letakkan tempe dan tuang sambal santan tepat di atasnya.

Tempe sambal santan yang kamu buat pun bisa langsung dihidangkan sebagai pelengkap nasi selagi hangat bersama nasi putih hangat. Kamu juga bisa memadukannya dengan menu masakan yang lain sesuai selera.

Resep masakan rumah tempe sambal santan ini bisa menjadi pelengkap koleksi menu makanan harian Bunda. Sehingga bunda bisa menyajikannya bersama keluarga dengan menu yang bervariasi setiap hari.

error: Content is protected !!