Resep Masakan Rumah Praktis Gulai Tempe

Resep masakan rumah sederhana – Gulai merupakan masakan yang berbahan dasar daging ayam, kambing, ikan, jeroan, sapi, maupun sayuran seperti daun singkong dan nangka muda, yang diolah menjadi kuah bumbu yang bercita rasa lezat. Gulai memiliki ciri khas tersendiri, yaitu bumbunya kaya akan bumbu rempah-rempah, seperti lada, kunyit, jahe, lengkuas, bawang putih, bawang merah, cabai merah, jintan, kayu manis, serai, pala, dan adas yang dihaluskan terlebih dulu, lalu dicampur dan dimasak ke dalam santan.

Gulai mempunyai ciri khas tersendiri, karena kuahnya berwarna kuning. Adapun warna kuning gulai ini karena ada sari kunyit di dalamnya. Masakan yang satu ini hampir mirip seperti kari, karenanya biasa disebut sebagai sajian kari khas Indonesia.

Aneka Masakan Gulai

Gulai merupakan sejenis makanan yang tersebar di Nusantara, khususnya Jawa dan Sumatera dan Semenanjung Malaya. Gulai merupakan makanan khas Sumatera, sebagai bentuk pengaruh sekaligus penerapan seni masakan India yang didalamnya terdapat bumbu dan rempah-rempah seperti kari. Makanan ini juga bisa dikatakan sebagai bumbu hidangan yang sangat dikenal lewat Masakan khas Minangkabau.

Dengan kuah yang berwarna kuning, sebagai bumbu sekaligus memberikan citarasa khas untuk berbagai hidangan masakan yang disajikan dan terdapat di Rumah Makan Padang. Bumbu atau kuah gulai umumnya dibuat kental lewat hidangan Aceh, Melayu, dan Minangkabau, namun di Jawa sendiri kuah gulai dibuat lebih cair seperti sup dan dihidangkan saat masih panas, di dalamnya berisi jeroan kambing atau daging.

Biasanya gulai dihidangkan dengan nasi panas, namun pada beberapa menu makanan seperti gulai kambing bisa dihidangkan dengan roti canai. Seperti sudah dijelaskan di atas, bahwa gulai tak hanya terbuat dari bahan dasar daging saja, tetapi juga bisa dibuat dari bahan dasar makanan lain seperti tempe dan tahu. Gulai tempe bisa menjadi salah satu pilihan masakan sederhana sekaligus pelengkap menu makanan sehari-hari. Jadi, jika kamu merasa bosan dengan sajian olahan tempe yang itu-itu saja, bisa mencoba resep gulai tempe ini.

Resep Gulai Tempe Lezat Enak

Tempe merupakan sejenis makanan yang didalamnya terdapat kandungan protein sekaligus sebagai sumber makanan nabati menyehatkan. Jadi tak salah jika tempe adalah makanan merakyat atau sejuta umat untuk masyarakat Indonesia. Selain itu, tempe juga bisa diolah ke dalam berbagai jenis makanan. Ternyata selain digoreng, tempe juga bisa diolah menjadi sayur tempe, tumis tempe, hingga gulai tempe. Adapun resep masakan rumah gulai tempe yang siap membantu bunda untuk mendapatkan olahan makanan terbaik dari tempe, ialah sebagai berikut :

Bahan-bahan yang digunakan :

  • 750 cc santan
  • 1 batang serai, lalu memarkan
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 400 gram tempe, lalu potong dadu sekitar 3 cm
  • 1 potong asam gelugur

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :

  • ¼ sdt jinten
  • 6 buah cabai merah atau secukupnya
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt merica bulat
  • 2 sdt kunyit
  • ½ sdm lengkuas
  • 3 buah kemiri, lalu disangrai atau digoreng
  • 6 siung bawang merah
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya sesuai selera

Resep membuat gulai tempe :

  1. Pertama-tama siapkan terlebih dulu wajan lalu masukkan bahan-bahan di atas. Gunakan wajan teflon seperti yang ada di halaman ini agar masakan tidak mudah lengket
  2. Setelah itu, didihkan air bersih, jika sudah selanjutnya masak hingga semua bahan-bahan yang dimasukkan di atas matang, sampai kuahnya mengental, bunda bisa memakai api kecil untuk melakukan proses ini. Aduk dengan spatula agar panasnya merata
  3. Jika semuanya sudah matang lalu kuahnya mengental, lalu angkat serta semua gulai tempe pun siap dihidangkan.

Dengan mengikuti tahapan-tahapan resep masakan rumah gulai tempe di atas, kamu bisa menyajikan hidangan tempe yang unik ini untuk keluarga tercinta. Sajian gulai tempe bisa kalian hidangkan dengan nasi putih hangat. Gulai tempe sangat lezat disajikan selagi panas, tentu saja semakin menggugah selera.

Gulai tempe bisa menjadi alternatif bagi kalian yang tidak begitu suka daging-dagingan tapi tetap ingin mencicipi gulai sebagai pelengkap nasi. Karenanya kamu bisa mencoba resep masakan sederhana khas Indonesia ini untuk mendapatkan cita rasa gulai yang begitu lezat. Selamat mencoba!

error: Content is protected !!