Resep lezat Ikan Gurame Acar Merah

Bagi kamu yang suka dengan menu makanan lezat seperti resep ikan yang proses sajiannya tidak susah, kamu bisa mencoba ikan gurame acar merah spesial. Ikan ini bisa disajikan ke dalam berbeda-beda menu makanan yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan selera. Ciri khas dan kelezatan dari ikan gurame ialah karena ikan ini cukup gurih dan memiliki duri yang besar-besar sehingga tidak sulit untuk disantap. Saat hendak membeli ikan di pasar, ada beberapa penjual yang sudah langsung membersihkan sisik dan dalaman ikannya.

Jika kamu tidak ingin ikan dijual dalam keadaan seperti ini, kamu bisa mencari penjual lain. Namun, jika ikan sudah dibersihkan dalaman dan sisiknya biasa akan lebih memudahkan kamu untuk memasak ikan gurame. Jika ikan sudah dibeli, kamu bisa merendam ikan di dalam air jeruk nipis atau garam. Untuk cara tradisional lain yang bisa kamu lakukan dirumah. Apabila ikan sudah siap dibersihkan dan direndam, kamu bisa langsung memasak dan mengolah ikan ini untuk siap disantap.

Resep Ikan Gurame Acar Merah

Sebelum memulai proses memasak masakan rumah, kamu harus menyiapkan bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk memasak ikan gurame. Berikut ini bahan yang digunakan untuk membuat ikan gurame agar rasanya menjadi lezat adalah:

  • 1 ekor ikan gurame segar berat 500-700 gram. Jangan sampai salah dalam memilih ikan mana yang segar dan mana yang kurang bagus. Bersihkan ikan hingga bersih. Pakailah pisau dapur yang tajam seperti ini untuk membersihkan sisik ikan
  • Sediakan 10 sendok makan air bening yang bersih.
  • Ambil 2 sendok makan cuka masak. Pastikan cukanya itu tidak terlalu asam dan sudah terlalu lama disimpan.
  • 2 cm jahe yang sudah dimemarkan, untuk cadangan bisa kamu sediakan lebih.
  • 3 lembar daun jeruk yang masih muda, kamu bisa tanda jika warna daun jeruk yang masih muda.
  • 2 batang daun bawang yang sudah dipotong-potong.
  • Ambil 2 tomat hijau yang sudah dipotong-potong, pastinya yang sudah masak.
  • 10 buah cabai rawit utuh yang masih bagus dan segar.
  • Ambil buah mentimun satu yang berukuran sedang, potong bentuk dadu.
  • Garam, 2 sdm gula pasir, merica bubuk secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng, namun jangan terlalu sedikit.

Untuk bumbu yang harus dihaluskan itu hanya untuk bahan cabai besar merah, bawang putih sebanyak 3 siung, dan 7 butir bawang merah. Untuk jumlah bahannya itu bisa kamu sesuaikan dengan porsi masak.

Tahapan Memasak Ikan Gurame Acar Merah

Setelah menyiapkan semua bahan, langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah memasak ikan tersebut. Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Kamu harus melumuri ikan dengan menggunakan bahan gram dan merica sesuai dengan takaran yang sudah dipaparkan di atas. Diamkan beberapa menit agar bahan tersebut meresap. Jika sudah, goreng ikan tersebut hingga matang dan kering. Pastikan warna ikan masih coklat muda serupa dengan warna cream. Gunakan wajan teflon seperti ini agar ikan tidak lengket dan rusak. Kemudian angkat dan tiriskan.
  • Ambil satu belanga untuk menumis ikannya. Ambil 3 sendok makan minyak, tunggu hingga panas namun tidak terlalu panas. Masukkan bumbu yang sebelumnya sudah dihaluskan, jahe, dan juga daun jeruk hingga harum. Jangan biarkan daun jeruk hangus.
  • Pastikan jangan sampai tumisan bumbu tersebut hangus, kemudian masukkan air, garam, cuka, dan gula pasir. Aduk dengan menggunakan spatula dan tunggu hingga matang.
  • Setelah diamkan beberapa menit tidak terlalu lama, masukkan daun bawang, cabe rawit, bawang merah, dan tomat. Aduk hingga rata.
  • Jika ingin menambahkan timun, kamu bisa campurkan di akhir hasil masakan. Untuk rasa sesuai selera, kamu bisa buatkan timun tersebut menjadi acar yang bisa menambah lezat rasa ikan gurame acar merah.

Untuk waktu persiapan masakan sederhana mom, kamu membutuhkan waktu selama 30 menit. Jika sudah, waktu memasak yang biasa dihabiskan tidak lebih dari 30 menit tergantung pada berapa besar porsi masakan tersebut. Jika sudah, kamu bisa menyantap ikan gurame yang sudah dihidang bersama keluarga atau kerabat. Jangan lewatkan makanan pencuci mulut yang sesuai dan tidak merusak rasa lidahmu.

error: Content is protected !!