Resep Kue tradisional Talam Waluh

Kue talam merupakan salah satu kue tradisional yang sangat mudah ditemukan di mana saja. Terlebih lagi pada saat bulan puasa, kue talam menjadi salah satu menu buka puasa yang dicari oleh kebanyakan orang Indonesia. Berukuran kecil dan memiliki rasa yang beraneka ragam menjadikan kue basah ini sebagai kue favorit. Mom bisa menggunakan berbagai bahan untuk mendapatkan rasa yang pas pada kue talam.

Salah satunya dengan waluh atau labu. Dan paling enak kue talam dipadukan dengan labu kuning untuk mendapatkan rasa manis yang alami dan khas dari waluh kuning atau labu kuning. Mom ingin membuat kue talam dengan rasa waluh kuning? Mari mencobanya dengan menggunakan resep berikut ini.

Siapkan Bahan Pembuatan Kue Talam Waluh

Kue talam waluh kuning ini memiliki dua lapisan warna yang terdiri dari warna kuning pada bagian dasarnya dan warna putih di bagian atasnya. Bahan-bahan yang diperlukan untuk kedua lapisan tersebut diantaranya:

  • Untuk lapisan putih atau bagian atas, Mom harus menyiapkan:
  1. Tepung beras sebanyak 50 gram.
  2. Tepung sagu sebanyak 25 gram.
  3. Santan sebanyak 300 ml.
  4. Garam sebanyak ½ sendok teh.
  • Untuk lapisan kuning atau bagian dasar, Mom harus menyiapkan:
  1. Santan sebanyak 250 ml.
  2. Vanili bubuk sebanyak 1 sendok teh.
  3. Telur sebanyak 1 butir.
  4. Garam sebanyak ½ sendok teh.
  5. Gula pasir sebanyak 100 gram.
  6. Tepung sagu sebanyak 50 gram.
  7. Tepung beras sebanyak 50 gram.
  8. Dan jangan lupakan waluh kuning atau labu kuning sebagai bahan dasarnya sebanyak 300 gram. Kukus hingga matang.
  • Cetakan untuk membuat kue talam.
  • Siapkan minyak sekitar 5 sendok makan untuk mengoles cetakan kue talam.

Pembuatan kue talam waluh ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Dengan jumlah bahan-bahan di atas, Mom bisa mendapatkan sekitar 25 kue talam waluh dengan rasa manis yang menyegarkan. Mari memulai untuk membuat kue talam waluh.

Lakukan Langkah Pembuatan Kue Talam Waluh

Untuk membuat kue talam waluh kuning ini ada dua tahap. Tahap pertama adalah membuat bagian dasarnya yang berwarna kuning. Langkah yang harus dilakukan antara lain:

  • Pertama, siapkan panci kukusan yang berukuran cukup besar seperti ini hingga dapat memuat sekitar 25 cetakan kue talam waluh. Panaskan dengan menggunakan api kecil. Sisihkan dan lanjut dengan langkah selanjutnya.
  • Campur semua bahan untuk lapisan kuning ke dalam blender atau Mom bisa menggunakan mixer hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  • Adonan yang sudah tercampur dituangkan ke dalam cetakan yang sudah diolesi dengan minyak sebelumnya. Tuang adonan kuning sekitar 2/3 dari tinggi cetakan.
  • Masukkan adonan tersebut ke dalam panci steam seperti di halaman ini. Kukus adonan kuning dengan waktu kurang lebih 20 menit menggunakan api sedang.

Setelah Mom selesai membuat adonan kuning, saatnya untuk ke langkah selanjutnya. Yaitu, membuat lapisan bagian atas yang berwarna putih. Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Siapkan wadah berukuran sedang dan masukkan semua bahan untuk lapisan putih ke dalam wadah tersebut.
  • Campur adonan putih dan aduk hingga rata.
  • Ambil satu per satu cetakan yang sudah diisi sebelumnya dengan adonan kuning dan tuang adonan putih di atasnya. Lakukan kembali hingga cetakan sudah terisi semua.
  • Masukkan kembali cetakan ke dalam panci steam seperti ini. Kukus kembali dalam waktu kurang lebih 10 menit menggunakan api sedang.
  • Jika sudah matang seluruhnya, angkat. Dan sajikan kue talam di atas piring saji.

Kue talam waluh kuning buatan Mom sudah siap untuk disantap sebagai cemilan pagi hari maupun saat bersantai di rumah. Resep kue basah talam waluh kuning bisa menjadi resep favorit karena mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Dengan bahan-bahan yang simple dan mudah ditemukan di warung terdekat, Mom sudah bisa membuat cemilan kue tradisional yang manis, namun, menyehatkan. Kue talam waluh kuning, siap menemani mom bersama keluarga di rumah.

error: Content is protected !!