Resep Ikan Sup Kuah Asam untuk Dibikin di Rumah!

Lezatnya sup memang tidak bisa dilawan, apalagi kalau yang ada di depan mata adalah resep ikan asli Manado yang segar, alias sup ikan kuah asam. Selain mampu menggoyang lidah, sup juga sangat mudah untuk dimasak. Jadi, kalian yang memang tidak terlalu berpengalaman masak dijamin pasti bisa berhasil membuat sup!

Resep masakan rumahan yang merupakan makanan khas Manado ini jelas punya ciri khas yang berbeda dengan sup-sup lainnya. Perbedaan utamanya itu ada pada bahannya. Untuk sup ikan kuah asam khas Manado, kamu tidak perlu menggunakan daun kunyit atau kunyit saat memasak. Selain itu, berbagai bahan yang menciptakan perpaduan rasa manis dan asam yang segar jelas akan membuat kamu ngiler!

Bagaimana dengan jenis ikan yang digunakan? Nah, untuk resep masakan sederhana ini, memang kamu akan menggunakan ikan kakap. Tapi, sebenarnya kamu bisa bebas pilih jenis ikan laut apa saja, kok. Misalnya, Kamu juga bisa gunakan ikan kakap merah, ikan patin, atau ikan tengiri. Yang penting adalah kamu harus pakai ikan yang masih segar, ya!

Resep Soup Ikan Kuah Asam Khas Manado

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 ekor ikan kakap berukuran kecil, potong jadi 3 bagian
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 buah jeruk nipis, peras untuk digunakan airnya
  • 2 buah tomat, dipotong jadi dadu berukuran besar
  • 3 buah cabe merah, diiris serong
  • 5 buah cabe rawit merah, biarkan utuh
  • 2 buah daun bawang, dipotong-potong
  • 4 butir bawang merah, dicacah kasar
  • 2 siung bawang putih, dicacah kasar
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 500 ml air
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 1 1/2 sendok teh gula
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 10 pucuk daun kemangi

Cara membuatnya:

  1. Pertama, siapkan sebuah wadah dan gunakan untuk melumuri ikan menggunakan garam dan air jeruk nipis. Pastikan seluruh permukaan dan sisi ikan dilumuri secara merata. Kemudian diamkan dulu selama kira-kira 15 menit agar campuran bumbu tersebut merata.
  2. Masukkan air ke dalam panci dan rebus sampai mendidih. Gunakan panci seperti yang ada di halaman ini agar nantinya bumbu lebih menyerap rata. Setelah air mendidih, masukkan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan, kecuali daun kemangi. Jangan matikan apinya dulu, karena kamu harus memasak semua bumbunya di dalam air tersebut sampai benar-benar mendidih.
  3. Setelah air dan campuran bumbu tadi mendidih, masukkan ikan. Ubah ukuran api menjadi sedang. Masak sekali lagi sampai daging ikan matang dan bumbunya meresap.
  4. Setelah sup ikan kuah asam matang, matikan api dan segera angkat masakan dari atas kompor. Kamu bisa langsung sajikan dengan menggunakan panci tersebut atau pindah ke sebuah mangkuk saji. Tambahkan daun kemangi, dan sup ikan kuah asam buatanmu pun siap untuk disajikan dan disantap!
  5. Kamu juga bisa gunakan microwave untuk memasak air dan bumbunya, lho. Caranya adalah cukup masukkan seluruh bahan plus ikan yang sudah dilumuri dengan air jeruk nipis dan garam tadi ke dalam wadah yang khusus untuk microwave. Tapi jangan masukkan daun kemanginya dulu, ya! Kemudian masak di dalam microwave sampai matang. Lama durasi memasaknya bisa bervariasi, tergantung pada daya microwave-nya. Misalnya, kalau microwave punyamu dayanya 800 watt, biasanya kamu perlu memasak air dan bahan-bahan tersebut selama kira-kira 15 menit. Kamu bisa melihat beberapa referensi microwave pada halaman ini. Setelah matang, segera keluarkan wadah dari dalam microwave dan sajikan menggunakan mangkuk saji. Tambahkan daun kemangi dan sup ikan kuah asam pun sudah siap untuk disajikan!

Bagaimana, mudah banget kan membuatnya? Buat kamu yang penggemar berat masakan laut alias seafood, tentu saja sup ikan kuah asam ini wajib dicoba sendiri di rumah! Dan kalau kamu juga penggemar masakan pedas, kamu bisa sesuaikan jumlah cabe yang digunakan sesuai dengan seleramu. Dan kalau kamu mau rasanya makin segar lagi, kamu bisa tambahkan lagi air perasan jeruk nipisnya ketika supmu sudah dipindah ke dalam mangkuk dan disajikan di atas meja. Ada baiknya juga kalau kamu siapkan irisan jeruk nipis supaya semua yang ada di rumahmu bisa menyesuaikan rasa supnya sesuai dengan selera mereka masing-masing!

error: Content is protected !!