Resep Ikan Bumbu Arsik yang Wajib dicoba

Bagi kalian yang merupakan penggemar makanan olahan daging ikan, terutama ikan mas, tentu resep ikan bumbu arsik sudah tidak lagi asing di telinga kalian, kan? Masakan khas Batak ini jelas punya keistimewaannya sendiri. Pertama, tampilannya sangat cantik dan menggoda karena penggunaan bumbu kuning untuk proses pengolahannya. Kedua, dari segi bumbu juga dijamin khas karena berbagai jenis rempah serta bahan unik digunakan saat memasak. Misalnya lokio alias daun bawang khas Batak, bunga kecombrang, andaliman, dan asam patikala.

Dan sekarang, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke tanah Batak atau harus tunggu rumah makan khas Batak langgananmu buka hanya untuk menikmati ikan bumbu arsik setiap hari! Sebab, sekarang kamu sudah bisa siapkan dan masak sendiri ikan mas bumbu kuning yang lezat dan menggugah selera ini di rumahmu dengan resep masakan rumahan berikut ini!

Resep Ikan Bumbu Arsik Khas Batak

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 kg ikan mas, pilih yang masih segar alias masih hidup. Buang insangnya. Untuk sisiknya, kamu bisa pilih buang atau tidak, sesuai dengan selera kamu saja. Kemudian cuci ikannya.
  • 5 butir kemiri bulat dan utuh
  • 1 ruas kunyit seukuran telunjuk, ukurannya kira-kira 6 sampai 7 cm, kupas
  • 2 sendok makan andaliman, buang tangkainya.

Andaliman adalah jenis rempah khas Sumatera Utara dengan bentuk bulat kecil yang serupa dengan merica. Warnanya hijau, tapi menjadi agak kehitaman ketika sudah kering.

  • 10 butir bawang merah, ukuran sedang, kupas
  • 2 siung bawang putih, ukuran sedang, kupas
  • 20 buah cabe merah keriting, buang tangkainya
  • 10 buah cabe rawit merah, atau tambah sesuai dengan selera
  • 1 ruas jahe, ukurannya kira-kira 2 sampai 3 cm atau 1/3 dari ukuran kunyit yang digunakan, kupas
  • 2 butir asam cekala
  • 4 lembar asam gelugur (irisan kulit buah asam gelugur yang sudah dikeringkan)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 5 lembar daun salam
  • 1/4 kg lengkuas, kupas
  • 10 batang serai, gunakan hanya bagian dalamnya
  • 1 ikat lokio (kira-kira 20 batang per ikat
  • 1/4 kg kacang panjang muda
  • 2 batang kecombrang muda atau rias muda
  • 3-4 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara membuatnya :

  1. Lumuri ikan mas dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Pastikan seluruh permukaan terlumuri dengan sempurna. Lalu biarkan ikan selama kira-kira 1 jam, sampai warnanya memucat
  2. Cuci semua bahan yang akan digunakan untuk memasak.
  3. Sangrai kemiri dan kunyit, kemudian giling sampai menjadi halus.
  4. Giling masing-masing bahan berikut ini: andaliman, bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan jahe.
  5. Ambil rias atau kecombrang, lalu sisihkan lapisan luarnya. Lapisan tersebut bisa kamu gunakan jadi “alas” ikan mas supaya ikannya nanti tidak gosong waktu dimasak. Lalu potong bunga kecombrang dan pisahkan dari batangnya, dan potong batang kecombrang kira-kira tebalnya 1 cm. Untuk bunganya sendiri, potong memanjang jadi 6 bagian.
  6. Memarkan lengkuas, serai, dan cekala.
  7. Potong kacang panjang, lalu campur dengan lokio. Sisihkan 1/4 bagian campurannya, semenara 3/4 bagian lainnya nanti akan digunakan untuk isi perut ikan mas.
  8. Siapkan wajan dan bahan-bahan berikut ini: asam cekala, daun jeruk, asam gelugur, daun salam, serai, dan lengkuas. Susun bahan-bahan itu di atas wajan untuk memasak ikan sebagai “alas” agar ikan mas tidak gosong saat dimasak. Kamu bisa atur posisi lengkuas agar ada di lapisan paling bawah.
  9. Campur bahan-bahan yang digiling di langkah nomor 2 dan 3 tadi. Gunakan campurannya untuk melumuri ikan mas yang sudah didiamkan di langkah nomor 1. Wadah yang digunakan untuk langkah ini jangan disingkirkan dulu, ya!
  10. Masukkan 3/4 bagian campuran lokio dan kacang panjang tadi ke dalam perut ikan mas.
  11. Atur ikan mas di atas wajan yang sudah disiapkan dengan “alas” ikannya tadi. Tambahkan sedikit kacang panjang dan lokio sebagai taburan.
  12. Kamu bisa cicip dulu bumbunya. Kalau rasanya kurang asin, kamu cukup tambahkan garam sampai rasanya pas. Tambahkan juga sedikit gula pasir.
  13. Tambah air secukupnya pada wadah yang tadi digunakan untuk melumuri ikan dengan bumbu di langkah nomor 9. Gunanya adalah agar sisa-sisa bumbu yang masih ada di wadah bisa “ditarik” dan tidak terbuang percuma nantinya. Tuangkan air ke dalam wajan yang sudah siap dengan ikan mas. Lumurkan air bumbu ini ke bagian dalam perut ikan mas juga.
  14. Tuangkan air sampai ikan mas di dalam wajan terendam. Tambahkan potongan bunga dan batang kecombrang sebagai taburan.
  15. Tutup wajannya, lalu nyalakan api untuk memasak ikan mas. Pastikan ukuran apinya sedang saja. Sekedar saran, gunakanlah wajan teflon agar ikan tidak lengket. Beberapa rekomendasi jenis wajan teflon bisa kamu lihat di halaman ini
  16. Diamkan selama beberapa saat, tunggu sampai air di dalam wajan tinggal kira-kira 2/3-nya. Kemudian tambahkan 1/4 bagian lokio dan kacang panjang tadi ke dalam wajan, beserta cabe merah yang dibelah jadi 4 tanpa jadi terputus.
  17. Ubah ukuran api jadi kecil, kemudian lanjutkan memasak ikan sampai jadi kering. Kira-kira ikan akan jadi matang dan bumbu meresap sepenuhnya setelah 2 jam.
  18. Ikan mas arsik pun sudah siap untuk disajikan!

Kamu bisa sajikan langsung ikan bumbu arsik buatanmu sendiri di atas piring saji, atau tambahkan daun pisang sebagai alasnya. Walaupun resep ini memang bukan masakan sederhana karena prosesnya yang panjang, bukan berarti kamu lantas tidak bisa mencobanya, lho. Selamat memasak!

error: Content is protected !!