Resep Dan Cara Membuat Pepes Ikan Bandeng

Tentunya mom sudah tau bahwa pepes ikan bandeng merupakan salah satu resep ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Sebab bahan utamanya yaitu ikan bandeng yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, ditambah lagi proses pengolahannya yang baik dan minim minyak.

 

Bahan Yang Dibutuhkan

  • Ikan bandeng. Ikan bandeng merupakan salah satu bahan utama dalam resep masakan rumahan ini, dimana kamu dapat menggunakan 1 ekor ikan bandeng yang berukuran sedang
  • Daun pisang. Dalam membuat pepes tentunya dibutuhkan daun pisang untuk membungkus pepes nanti dan kemudian akan dibakar di dalam api. Mom dapat menggunakan daun pisang sesuai dengan kebutuhan dan gunakan daun pisang yang tidak terlalu tua maupun muda.
  • Tusuk gigi. Tusuk gigi tentunya akan mempermudah ketika pembungkusan pepes nanti untuk menghindari ikan bandeng akan keluar ketika proses memasak nanti.
  • 1 sdm jeruk nipis. Jeruk nipis tentunya berperan sangat penting, karena dengan adanya jeruk ini maka bau pada ikan bandeng akan hilang sehingga orang lain akan nyaman ketika memakannya.

Bumbu Halus

  • 6 siung bawang merah. Tidak sah jika membuat suatu bumbu jika tidak menggunakan bawang merah, begitu juga dalam membuat bumbu pepes
  • 3 siung bawang putih. Jika telah menggunakan bawang merah maka mom juga harus menggunakan bawang putih  untuk mengimbangi bau dan rasa dari bawang merah.
  • 4 buah cabe merah besar. Cabe merah sudah tentu akan memberikan rasa pedas pada pepes sehingga akan nikmat rasanya, apalagi untuk kamu yang pecinta pedas.
  • 2 cm kunyit. Kunyit sendiri digunakan untuk memberikan warna pada bumbu agar terlihat menarik sehingga orang tertarik untuk memakannya.
  • 2 cm laos. Penggunaan laos sendiri sudah tentu untuk melengkapi rasa pada pepes agar seimbang
  • 2 cm jahe. Begitu juga pada penggunaan jahe agar pepes menjadi kaya rasa, tentunya rasa pedas saja tidak cukup untuk menghasilkan pepes yang enak.
  • 3 buah Tomat. Tentunya kehadiran tomat semakin memperlengkap rasa dari bumbu pepes menjadi lebih segar karena rasanya yang asam.
  • Garam. Pastinya kamu tidak akan lengkap memasak jika tidak menggunakan garam, tentunya dengan adanya garam maka rasa pepes akan menjadi sempurna.

Cara Membuat Pepes Ikan Bandeng

1. Membersihkan ikan

Hal pertama yang harus mom lakukan adalah membersihkan ikan, dimana bersihkan ikan dari sisiknya. Tentunya membersikan ikan bandeng tidaklah mudah, kemudian ikan dipotong dengan ukuran sedang dan lumuri dengan jeruk. Hal ini bertujuan agar bau pada ikan dapat hilang sebelum diolah menjadi pepes. Gunakan pisau dapur yang tajam seperti ini agar lebih mudah dan rapi

2. Menghaluskan bumbu halus

Setelah itu mom harus menghaluskan semua bumbu hingga sehalus mungkin, karena jika tidak halus maka bumbu tersebut tidak dapat menempel dengan baik dan banyak pada ikan. Tentunya kehadiran bumbu ini dapat memberikan rasa pada ikan dan dapat juga menghilangkan baunya.

3. Melumuri ikan dengan bumbu

Apabila bumbu telah selesai maka mom dapat melumuri ikan dengan bumbu secara merata, tentunya tidak hanya pada bagian luar ikan saja. Usahakan bagian dalam ikan juga terkena bumbu, sehingga bumbu dapat meresep hingga ke bagian dalam daging ikan sehingga rasanya akan enak. Lumurilah dengan tangan agar mom tau bahwa bumbu sudah masuk ke dalam atau tidak.

4. Membungkus ikan dengan daun

Siapkan daun pisang kira-kira dapat menutupi seluruh bagian tubuh ikan, usahakan ketika membungkus daun tidak akan koyak sehingga isi di dalam tidak akan di luar. Kemudian kaitkan dengan tusuk gigi agar ikan tidak keluar.

5. Kukus pepes

Mom dapat mengukus ikan di steamer yang telah berisi air, dimana tunggu air di dalam panci menjadi mendidih dengan api berukuran sedang. Dan masukkan ikan ke dalam kukusan selama 30 menit dengan menggunakan api sedang agar ikan matang sempurna. Beberapa produk steamer yang berkualitas dapat mom lihat di halaman ini

Tentunya dengan cara ini sangat mudah membuat masakan sederhana yang enak serta sehat, jadi jika mom ingin makanan yang sehat maka bisa membuat menu yang ini.

error: Content is protected !!