Resep Dan Cara Membuat Empal Penyet

Salah satu resep masakan daging yang wajib kamu buat adalah empal penyet, dimana menu ini tidak kalah enak dari menu daging lainnya. Apalagi proses pembuatannya sangat mudah, ditambah lagi dengan bahannya yang mudah dicari. Menu ini bisa kamu buat jika terdapat sisa daging sapi saat qurban kemarin, apalagi kalau kamu bingung harus mengolahnya seperti apa. Apalagi resep ini sangat cocok dilidah orang Indonesia.

 

Bahan Yang Dibutuhkan

  • 100 gr daging sapi. Bahan utama dalam menu ini adalah daging sapi, tentunya tidak diperlukan terlalu banyak. Apalagi daging sapi memiliki kandungan yang banyak dibutuhkan oleh tubuh.

Bumbu Marinasi

  • 1 siung bawang putih. Selain dapat memberikan rasa, bawang putih dapat menghilangkan bau pada daging. Tentunya kamu harus menghaluskan terlebih dahulu bawang putih.
  • Garam secukupnya. Tentunya masakan tanpa garam sangatlah hambar, dengan adanya garam maka sebuah masakan akan memiliki rasa.
  • Gula pasir secukupnya. Kehadiran gula pasir dapat dijadikan penyeimbang rasa garam sehingga rasa dari masakan ini akan bertambah nikmat.
  • Merica bubuk secukupnya. Merica digunakan untuk memberikan rasa pedas pada resep masakan rumahan ini sehingga rasa pada masakan ini menjadi lebih nikmat.
  • Ketumbar bubuk. Ketumbar dapat memberikan rasa khas rempah pada menu ini sehingga akan semakin nikmat.
  • Kaldu sapi. Agar rasa sapi semakin terasa maka kamu bisa menggunakan kaldu sapi secukupnya saja.
  • Air putih. Air putih digunakan untuk membuat daging sapi menjadi lebih lembut sehingga bisa dimakan.

Bumbu Sambal

  • Cabe merah dan cabe rawit. Membuat sambal wajib menggunakan cabe, dengan mencampurkan cabe merah dan cabe rawit maka kamu bisa mendapatkan sambal dengan rasa yang sangat pedas.
  • 1 siung bawang putih. Bawang putih juga diperlukan untuk mendapatkan sambal yang lebih nikmat.
  • Terasi. Tidak sah membuat sambal khas Indonesia jika tidak menggunakan terasi, karena dengan menambahkan bahan ini dapat menghasilkan sambal yang nikmat.
  • Garam dan gula pasir. Menggunakan  garam dan gula pasir harus secukupnya agar sambal kaya rasa dan tidak hanya pedas saja.

Cara Membuatnya

1. Potong daging

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memotong daging, potonglah daging dengan tipis agar mudah ketika kamu gepuk nanti. Gunakanlah pisau dapur yang tajam seperti ini agar otot daging mudah diiris. Setelah itu gepuk daging hingga daging menjadi penyet, lalu untuk memberikan rasa pada daging tersebut maka campurkan bahan marinasi dan diamkan selama 5 hingga 10 menit agar bumbu tersebut meresap ke dalam daging sehingga memberikan rasa pada daging agar nikmat ketika dimakan nanti.

2. Goreng sambal bahan

Setelah itu gorenglah seluruh bahan sambal untuk membuat sambal, goreng sebentar saja dengan api ukuran sedang dan aduk merata dengan spatula. Namun ketika digoreng untuk bagan garam dan gula pasir jangan ikut digoreng, kemudian tiriskan. Lalu kamu bisa meletakkannya dicobek kemudian tambahkan garam dan gula secukupnya beserta terasi. Kemudian uleg hingga teksturnya sesuai dengan keinginan, akan sangat baik jika tidak diulek terlalu halus namun masih kasar. Namun beberapa orang lebih menyukai sambal yang halus. Kemudian rasa sambal, jika masih kurang maka dapat menambahkan gula dan garam.

3. Goreng daging

Setelah itu gorenglah daging hingga matang dengan menggunakan api sedang, hal ini bertujuan agar daging matang seluruhnya dengan sempurna. Gunakan wajan teflon seperti produk di halaman ini agar daging tidak mudah lengket. Setelah itu kamu dapat memasukkannya ke dalam sambal sambil dipenyetkan lagi dan menu ini dapat disajikan.

 

Tentunya sangat mudah dalam membuat empal penyet ini, hal ini cocok untuk kamu yang bosan dengan olahan daging yang itu-itu saja. Empal penyet ini bisa dijadikan sebagai pengganti ayam penyet, apalagi kandungan pada daging tidak kalah lengkap dibandingkan dengan ayam. Masakan sederhana ini sudah tentu sangat enak dan mudah dibuat, serta tidak akan memakan waktu yang banyak jadi jika kamu ingin menyiapkan menu ini saat pagi juga tidak akan terburu-buru. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kamu membuat menu ini apalagi termasuk dalam kategori menu sehat sehingga sangat disayangkan jika kamu melewatkan.

error: Content is protected !!