Resep Balado Teri Yang Mudah

Tentunya kamu gak asing lagi dong mengenai resep ikan ini? Balado teri memang sangat familier di Indonesia, sebab sangat cocok untuk dijadikan pendamping lauk utama ketika makan. Apalagi proses pembuatan makanan ini sangatlah mudah, termasuk dalam menemukan bahan-bahannya. Jadi tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk membuatnya ya sist…

 

Bahan Bahan Yang Dibutuhkan

  • 50 gram ikan teri segar. Untuk membuat makanan ini maka kamu jangan lupa untuk memilih ikan teri yang segar, serta tidak lupa pula untuk memilih ukuran ikan teri yang sesuai dengan selera. Sebab tersedia beberapa ukuran ikan teri dari yang besar hingga yang kecil, tentunya yang ukurannya kecil merupakan pilihan yang tepat.
  • 2 ons kacang tanah. Tentunya masakan sederhana ini akan sangat lengkap jika dicampurkan dengan kacang tanah, dimana kacang tanah nantinya akan digoreng sehingga semakin memperkaya tekstur.
  • 1 ruang jari lengkuas. Lengkuas tentunya dibutuhkan untuk memberikan cita rasa pada kuliner ini sehingga akan semakin enak rasanya,
  • 1 serai. Serai juga diperlukan untuk memberikan rasa khas pada makanan ini, dimana serai nantinya akan diikat saja.
  • 2 daun salam. Tidak lupa pula kamu menggunakan daun salam, dimana daun ini juga dapat memberikan rasa dan wangi pada makanan ini. Apalagi daun salam sangat mudah ditemukan jika di pasar.
  • 2 daun jeruk purut. Daun jeruk perut sendiri dapat memberikan kuliner ini wangi yang segar dan khas sehingga tidak akan mudah bau.
  • Garam. Pastinya semua makanan tidak akan lengkap rasanya jika tidak menggunakan garam, dimana bahan ini wajib ada di setiap makanan.

Bahan Bumbu Halus

  • 7 butir bawang putih. Dalam membuat balado tentunya harus dilengkapi dengan bawang putih dimana dapat memberikan pengaruh rasa juga.
  • 6 buah bawang merah. Jika kamu telah menggunakan bawang putih maka tidak sah juga jika tidak menggunakan bawang merah, apalagi jika menggunakan bawang putih saja maka dapat membuat rasa balado menjadi aneh.
  • 2 cabai merah besar. Tentunya cabai merah merupakan salah satu bahan wajib yang harus tersedia pada saat membuat balado, pastinya tidak sah membuat balado jika tidak menggunakan cabai merah.
  • 8 buah cabai rawit. Penggunaan cabai rawit tersendiri dapat memberikan rasa sedikit pedas, sebab rasa pedas pada cabai merah tidak terlalu terasa sehingga dengan menambahkan cabai ini dapat melengkapi cita rasa dari makanan ini.

Cara Membuat Teri Balado

1. Mencuci dengan bersih ikan teri

Langkah awal dalam membuat teri balado maka kamu harus mencuci bersih ikan teri ya sis. Tujuan pencucian ini adalah untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada ikan teri serta mengurangi asin pada ikan teri. Jadi rasa makanan tidak akan terlalu asin apalagi nantinya kamu akan menggunakan garam juga.

2. Goreng ikan teri

Setelah mencucinya dengan bersih maka panaskan minyak dan goreng ikan teri pada api yang berukuran sedang, sebab jika terlalu besar hanya akan membuat ikan teri cepat gosong. Goreng hingga ikan teri matang dan menjadi kering, sebab jika kering teksturnya dapat renyah. Gunakan wajan dengan bahan teflon seperti contoh di halaman ini agar teri tidak mudah lengket

3. Menumis bumbu halus

Sebelumnya jangan lupa untuk menghaluskan seluruh bahan untuk bumbu halus dan menumisnya dengan sedikit minyak dan pada api sedang saja agar seluruh bahan matang sempurna. Apabila sudah setengah matang, kamu bisa menambahkan daun salam, daun jeruk, dan serai sambil diaduk rata dengan menggunakan spatula. Jangan lupa untuk menambahkan garam.

4. Memasukkan ikan teri dan kacang tanah

Apabila bumbu halus sudah matang, kecilkan api sedikit dan masukkan ikan teri dan kacang yang telah digoreng, kemudian aduk rata dengan bumbu balado agar tercampur rata dan siap disajikan.

 

Pastinya proses pembuatan balado teri ini sangat mudahkan sis, sehingga jangan takut untuk mencoba membuatnya apalagi jika belum memiliki pengalaman dalam membuat masakan yang satu ini. Oleh sebab itu jangan lupa untuk berpegang pada resep masakan rumahan ini.

error: Content is protected !!