Pulau Merah, pantai terindah selain Kuta Bali

Bukit karang yang terletak tak jauh dari bibir pantai pulau merah memang berwarna kemerahan tersamarkan oleh semak dan hijau dedaunan. Dan ketika sang surya bergerak turun perlahan, sinarnya yang kuning kemerahan itu memantul bak cermin diatas permukaan laut sehingga membuat warna alam seketika berubah menjadi kemerahan. Itulah kenapa mereka menyebutnya pantai Pulau Merah

Pesona sunset di pantai Pulau Merah memang terbilang indah. Area sekitar pantai juga bersih dengan hamparan pasir putih-nya yang halus dan berwarna sedikit kecoklatan sepanjang 3 km. Inilah sebabnya beberapa kalangan penikmat perjalanan menganggap Pantai Pulau Merah sebagai sebuah kombinasi indah dari Pantai Kuta, Legian, dan Seminyak di Bali

Ombak di Pantai Pulau Merah disebut sebagai salah satu yang terbaik di Jawa Timur dan Indonesia sehingga cocok untuk kegiatan surfing. Beberapa even selancar internasional pernah diselenggarakan di pantai ini. Ombak laut yang tinggi dapat ditemui pada pertengahan April – Mei hingga September – Desember. Kamu dapat mempelajari cara berselancar di Pantai Pulau Merah dengan ketinggian ombak yang berkisar dari 2 hingga 5 meter. Kawasan pantai ini juga ditunjang dengan fasilitas yang baik, diantaranya payung dan tempat berjemur yang disewakan oleh pihak pengelola.

Perahu-Nelayan

Rute menuju pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah terletak di di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Sekitar 80 km dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 2,5 – 3 jam perjalanan. Buat kamu yang berasal dari luar kota. Kota Banyuwangi memang cocok buat Destinasi wisata utama karena banyaknya lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Ada 2 rute menuju kota Banyuwangi.

Yang pertama (Paling umum) adalah dari Bandara Juanda Surabaya. Dari Bandara Juanda Surabaya kamu bisa melanjutkan perjalanan darat menuju Kota Banyuwangi kurang lebih 6-8 jam dengan menggunakan Bus umum dari terminal Bungurasih, atau charter kendaraan (mahal). Bisa juga dilanjutkan dengan naik kereta dari stasiun menuju Banyuwangi

Yang kedua adalah menggunakan transportasi udara dari kota tempat tinggalmu langsung menuju kota Banyuwangi. Tetapi karena jumlah penerbangan yang terbatas, dari kota asalmu kamu harus transit dulu di Bandara Juanda Surabaya, kemudian berganti pesawat menuju Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Perlu dicatat, Penerbangan langsung ini biayanya cukup besar. Untuk kamu yang backpacker, memilih penerbangan langsung tidak direkomendasikan karena sudah pasti over budget.

Arah Perjalanan

Rata-rata, lokasi wisata di Indonesia memang belum terdapat akses angkutan umum yang langsung menuju area wisata. Ada beberapa alternative pilihan : Sewa kendaraan, Sewa motor, atau naik kendaraan umum sampai lokasi terdekat dan dilanjutkan dengan naik Ojeg. Jika Anda menggunakan angkutan umum, dari terminal Brawijaya ambillah kendaraan umum dengan jurusan Pesanggaran. Setiba di pasar Pesanggaran, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa ojek menuju lokasi pantai.

Kalau kamu ingin jalan-jalan ke Banyuwangi, nyobain semua kegiatan adventure dan berpetualang di beberapa lokasi wisata, kamu bisa minta anterin mas Hendra di (+62) 822 3370 0126 atau melihat halaman ini.

Kegiatan menarik di pantai Pulau Merah

Buat kamu yang tidak hobby adventure, pemandangan di pantai Pulau Merah bisa kamu gunakan untuk foto selfie, foto narsis dan duduk nongkrong menanti senja. Minum es kelapa muda yang banyak tersedia di warung tenda di sepanjang bibir pantai sambil ber-haha-hihi bersama teman atau pacar. Berjemur dan bermain pasir, atau naik perahu nelayan menyusuri pantai bisa kamu lakukan untuk melewati hari.

Yang hobby Foto sebaiknya jangan datang terlalu sore hanya karena mengejar spot Sunset. Minum kopi dulu sambil melirik spot yang ada disekitar pantai. Dan jika waktumu luang, nikmati suasana dengan berjalan sepanjang bibir pantai. Pulau Merah ini berada di wilayah sekitar pemukiman penduduk. Nah, tau kan maksudnya? Banyak hal yang bisa kamu abadikan di tempat ini. Para peselancar mulai beraksi sekitar pukul 15.00

Take-off

Buat yang gila petualang, kamu bisa menjajal nyali dengan mencoba Parasailing, Surfing, Snoekeling atau bermain Jetski. Perlu diketahui, semua ini tidak dilakukan di bibir pantai ya? Kamu akan dipandu naik boat dulu ke tengah untuk menghindari ombak yang lumayan tinggi dan karang yang kecil-kecil. Siap-siap mabok laut ya? Naik boat menuju tengah pantai bukan perjalanan yang asoy. Melewati ombak setinggi 2 – 5 meter akan membuat perutmu dikocok habis sebelum kamu memulai parasailing atau bermain jetski.

Tiket masuk

Domestik Rp. 3.000,- sampai Rp. 5000,- (Weekend)

Share
error: Content is protected !!