Pesona alam bawah laut Pulau Menjangan

Ikan Nemo ternyata tidak cuma ada dalam film kartun. Kamu melihat Nemo? Saya melihatnya di kedalaman 3 meter

Select language : enEnglish

Patut diakui bahwa pesona alam bawah laut Pulau Menjangan memang sangat menarik untuk diceritakan. Pasirnya yang putih serta ke-aneka-ragaman hayati laut yang melimpah adalah definisi sempurna dari pesona alam dibawah sana. Deretan batuan karang sedalam 10 hingga 60 meter ini membentuk sebuah gua dalam berbagai ukuran yang memiliki fungsi sebagai habitat dari terumbu karang lunak, kerapu besar dan belut moray. Di dalam gua-gua kecil inilah nantinya kamu akan menemukan kakap kecil dan batfish yang berenang hilir mudik.

Apa saja yang bisa kamu lakukan

Di Pulau Menjangan kamu dapat melakukan berbagai macam olah raga air seperti Diving dan Snorkeling. Mempunyai beberapa spot terbaik dengan kedalaman yang beraneka ragam. Mulai dari kedalaman 3 meter sampai dengan 30 meter. Di beberapa titik bisa mencapai 60 meter, tergantung nyalimu mau memilih yang mana? Dasar laut pulau Menjangan sangat kaya akan spesies barrel sponges dan sea fans dengan ukuran yang sangat besar. Merupakan tempat hidup bagi spesies tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, dan juga hiu. Amazing kan?

Pulau Menjangan juga terkenal dengan wall-divingnya. Wall-diving adalah salah satu jenis kegiatan menyelam pada kedalaman dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Tebing bawah laut di Pulau Menjangan memiliki kedalaman 20 hingga 60 meter, bahkan lebih. Ngeri ya, but it was fun.

pesona-pulau-menjangan

Buat kamu yang ingin nyobain snorkeling, kamu bisa memilih spot yang dangkal saja. Kira-kira kedalaman sampai 3 meter. Ada? Ohh.. ada! Dan di kedalaman 3 meter ini kamu akan cukup puas melihat semua biota laut yang sungguh cantik dan menawan. Airnya cukup bening dengan kondisi perairan yang cukup tenang sehingga memungkinkan jarak pandangmu bisa mencapai 20 meter kedepan. Asik kan? Menyelam sampai kedalaman 3 meter bukan hal remeh lho? Telinga bisa pekak dan nafas pasti ngos-ngosan bagi yang tidak terbiasa. Jadi tidak perlu ugal-ugalan di tempat ini, bisa celaka bener. Ukurlah kemampuanmu dan jangan terlalu banyak mengambil resiko. Cek Videonya disini :

Akses menuju Lokasi

Pulau Menjangan terletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Akses untuk menuju kesana terdapat 2 jalur pilihan. Dari Pelabuhan Lalangan di Bali dan dari Grand Watu Dodol di Banyuwangi. Satu-satunya transportasi yang digunakan untuk mencapai pulau adalah menyebrang dengan menggunakan speed boat selama kurang lebih 45 menit. Karena posisi kami saat itu berada di Kota Banyuwangi, maka kami mengambil jarak terdekat yaitu melalui jalur Grand Watu dodol di Banyuwangi, kemudian menyebrang dengan menggunakan speed Boat.

Tempat lain yang bisa kamu kunjungi di kota Banyuwangi adalah adalah Pantai Sukamade untuk melihat proses penyu bertelur di malam hari, serta melepas ribuan tukik di pagi hari. Nuansa pantai sukamade mirip dengan suasana di Mangrove Bedul. Yang membedakan adalah di mangrove Bedul kita bisa mengelilingi tumbuhan mangrove yang luas dengan menggunakan perahu. Jangan dikira tumbuhan mangrove ini pendek ya? Disana tumbuhan ini tumbuh tinggi dan lebat sehingga menutup sinar matahari. Siang dan sore tampak seolah tidak begitu berbeda. Ini juga seru walaupun lokasinya memang jauh dari pusat kota. Kalau ingin belajar surfing dan parasailing, dari pantai sukamade kamu bisa mampir ke Pulau merah yang mempunyai sunrise terbaik. Berdekatan dengan Pantai Sukamade, ada pantai Teluk hijau yang biasa  disebut Green bay. Pantai Teluk Hijau sedikit berbeda dengan pantai lainnya karena air disekitar bibir pantai memang berwarna hijau. Banyuwangi juga mempunyai savana terbesar di Asia. Berada di Taman Nasional Baluran kamu bisa menikmati suasana afrika dengan satwa liar yang masih banyak hidup dan berkembang secara alami disana. Menarik kan? Jadi gak rugi dong kamu menentukan Banyuwangi sebagai Destinasi Wisata? Bagi yang hoby fotografi, kamu bisa mengambil sunrise di Kawah Ijen yang merupakan salah satu spot terbaik di Indonesia. Walaupun harus trekking selama kurang lebih 3 jam, spot sunrise di kawasan Kawah Ijen memang sangat luar biasa.

Kalau kamu ingin travelling ke Banyuwangi kamu bisa menghubungi Colouring Indonesia melalui halaman Contact Us

pulau-menjanganEstimasi Biaya

Di Grand wisata Watu Dodol sudah tersedia harga paket untuk snorkeling. Ga perlu pusing harus tawar-menawar karena semua adalah harga resmi. Yang perlu kamu lakukan hanya memilih paket, lalu membayar. Rincian harga sudah terlampir jelas disitu

  • Sewa kapal : Rp 120.000/orang (Sudah termasuk : Live Vest Jacket, Air mineral on Boat dan Asuransi)
  • Tiket masuk : Rp. 25.000/orang
  • Masker Snorkel : Rp. 25.000/set
  • Fin/Kaki katak : Rp. 20.000/set

Kalau kamu butuh fasilitas lain, list berikut mungkin berguna :

  • Guide Snorkeling : Rp. 150.000/boat
  • Kamera Underwater : Rp 150.000/unit

Harga diatas berlaku untuk group dengan minimal keberangkatan 10 orang ya? Jika kamu berangkat kurang dari 10 orang, maka kamu akan dikenakan biaya untuk 10 orang. Waduh, berat dong? Gampang… Gabung saja sama group lain yang mau berangkat. Cuma kadang nunggunya agak lama ya, jadi kalian jangan protes. Yang penting hepi guys… Pergi senang-senang pulang bawa pengalaman. Itu yang utama!

snorkeling-pulau-menjanganTips mengunjungi Pulau Menjangan

Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah antara bulan April sampai November. Karena pulau ini adalah pulau yang tidak berpenghuni, sebaiknya kamu menyiapkan bekal makanan dan minuman sendiri. Tidak ada warung nasi disana. Akibatnya kelaparan akut bisa melanda kalian secara berjemaah. Ada baiknya makan dulu sebelum berangkat, Di Grand wisata Watu Dodol banyak kantin yang jual makanan kok. Tapi jangan kekenyangan. Karena setelah itu perut kalian akan dikocok abis naik boat mengarungi gelombang yang kadang besar. Jangan lupa juga membawa obat, sunblock dan baju ganti ya?

error: Content is protected !!