Masakan Sederhana Ayam Bakar Colo Dabu-Dabu Yang Tidak Bisa Ditolak

Mom pasti pernah mencoba sambal dabu-dabu yang berasal dari Manado. Rasanya yang khas dan sangat enak tersebut susah untuk ditolak jika ada dihadapan semua orang. Untuk yang satu ini, Mom juga tidak akan mau menolaknya. Masakan sederhana Ayam Bakar Colo Dabu-dabu ini patut untuk dicoba. Seperti apa cara memasaknya? Siapkan bahan-bahan berikut ini dan mari memasak Ayam Bakar Colo Dabu-dabu.

Alat-Alat Penunjang Memasak

Untuk membuat Ayam Bakar Colo Dabu-dabu ini Mom membutuhkan alat panggangan yang mampu menghasilkan panggangan dengan sangat baik. Mom bisa menggunakan alat panggangan yang sering digunakan untuk membuat sate ayam, sehingga mampu menghasilkan panggangan lebih dari 3 potong ayam. Atau bisa juga dengan alat panggangan penjepit yang hanya mampu memuat sekitar 2 potong ayam.

Ada juga alat panggangan yang berbentuk pan. Panggangan tersebut biasanya memiliki kelebihan, yaitu permukaannya anti lengket. Selain alat panggangan, Mom juga membutuhkan kuas memasak untuk mengoleskan minyak pada bagian alat panggangan dan margarin untuk ayam bakar. Saya biasa belanja alat-alat dapur disini. Selain harganya kompetitif, kualitasnya cukup baik. Semua alat-alat sudah siap? Lanjut ke tahap bahan memasak.

Bahan-Bahan Yang Akan Digunakan

Resep masakan ayam satu ini memiliki rasa pedas yang hampir sama dengan saus salsa milik negara Mexico. Buat Mom yang penasaran dengan masakan Mexico, tidak perlu jauh-jauh datang ke negaranya. Mom buat saja Ayam Bakar Colo Dabu-dabu yang tidak akan kalah nikmat dengan masakan negara manapun. Siap untuk memasaknya? Inilah bahan-bahan yang dibutuhkan Mom.

  • Siapkan margarin sebanyak 2 sendok makan.
  • Minyak goreng sebanyak 1 sendok makan. Digunakan untuk mengoles panggangan.
  • Garam sebanyak 1 sendok makan.
  • Perasan 1 buah jeruk nipis.
  • Bawang putih sebanyak 2 siung yang sudah dipotong halus.
  • Ayam potong sebanyak 500 gram.

Untuk membuat sambal dabu-dabu, berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Gula pasir sebanyak ½ sendok teh.
  • Garam sebanyak ½ sendok teh.
  • Air lemon sebanyak 2 sendok makan.
  • Tomat hijau sebanyak 4 buah dan sudah dipotong menjadi 8 bagian setiap buahnya.
  • Cabai rawit sebanyak 12 buah dan iris kecil-kecil.
  • Bawang merah sebanyak 4 butir dan iris tipis-tipis.

Semua bahan sudah lengkap? Saatnya untuk eksekusi semua bahan menjadi Ayam Bakar Colo Dabu-dabu yang super enak.

Cara Pembuatan Ayam Bakar Colo Dabu-Dabu

Persiapkan terlebih dahulu ayam bakar yang akan digunakan dalam Ayam Bakar Colo Dabu-dabu. Untuk pembakaran ayamnya seperti berikut ini:

  • Hal pertama yang harus Mom lakukan adalah lumuri potongan ayam dengan campuran dari perasan jeruk nipis, garam, dan bawang putih hingga merata. Biarkan selama 30 menit agar bumbu meresap ke dalam ayam dan hingga tidak berbau amis.
  • Oles panggangan dengan minyak goreng. Lalu, panggang ayam di atasnya. Sambil sesekali bolak-balik ayam dan olesi dengan margarin. Panggang hingga semua sisi kering dan matang secara sempurna. Angkat dan sisihkan. Tolong hati-hati dalam menggunakan panggangan ya, karena beberapa produk terkadang bisa menyebabkan lengket dan hasilnya tidak maksimal. Mom bisa mendapatkannya panggangan yang berkualitas di tautan ini

Jika ayam sudah dibakar dengan matang, sekarang saatnya Mom mempersiapkan sambal dabu-dabunya. Inilah cara membuat sambal dabu-dabu:

  • Bahan untuk pembuatan sambal dabu-dabu seperti, cabai rawit, bawang merah, tomat hijau, air lemon, garam, dan gula pasir dicampur menjadi satu.
  • Aduk semua bahan hingga tercampur secara merata dan sempurna.
  • Cicipi terlebih dahulu apakah rasanya sudah sesuai atau belum. Mom bisa menambahkan gula maupun garam jika sekiranya masih terasa kurang pas.

Dan, jadilah sambal dabu-dabu untuk Ayam Bakar Colo Dabu-dabu. Cukup mudah untuk membuat sambal dabu-dabu. Setelah itu, untuk penyajiannya. Siapkan piring berukuran panjang hingga muat untuk semua ayam potong yang sudah dibakar. Siram ayam bakar tersebut dengan sambal dabu-dabu yang sudah dibuat hingga merata ke seluruh ayam. Warna-warni dari sambal dabu-dabu semakin mempercantik penampilan Ayam Bakar Colo Dabu-dabu.

Ayam Bakar Colo Dabu-dabu sudah selesai dan siap untuk disantap. Resep masakan rumahan Ayam Bakar Colo Dabu-dabu ini bisa Mom gunakan untuk acara makan kumpul bersama keluarga maupun teman-teman yang berkunjung ke rumah.

error: Content is protected !!