Keheningan di Situ Gunung, Sukabumi

Tidak ada bunyi mesin menderu. Tidak ada polusi asap kendaraan. Sunyi... Hanya suara semilir angin yang menerpa dedaunan berbisik lirih di telinga

Hutan pinus yang cukup lebat di sekeliling danau sepertinya memang memberikan nuansa keheningan di Situ gunung. Meredakan semua penat yang berkerak melekat dalam pikiran, kemudian melebur dan dilarung bersama ketenangan air danau. Kesegaran udara yang kita hirup sesaat setelah tiba, seperti sebuah tarikan nafas panjang yang kemudian berhembus perlahan menghilangkan sesak. Kelegaan batin adalah awal mula. Selanjutnya keriangan itu akan menemanimu selama berada disini.

Situ gunung sukabumi seperti symbol sebuah ketenangan. Menikmati ke-elokan alam sama halnya memberikan vitamin penyegar bagi tubuh. Dan dikala fajar tiba, saat mentari bergerak naik dari sela-sela pohon, kemegahan semesta seakan membuatnya semakin sempurna. Kamu bisa mengambil moment ini dari atas perahu ditengah danau, atau dari sebrang tempat pintu air. Tentunya kewajiban utamanya adalah harus bangun pagi…

situ-gunung

Situ Gunung masih merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Terletak di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Sekitar 16 km dari pusat kota dan bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan. Danau buatan dengan ketinggian 900 mdpl ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi ujung tombak pemerintah kabupaten Sukabumi. Seiring dengan berjalannya waktu, fasilitas dan kelayakan sebuah lokasi wisata-pun mulai dibangun guna memanjakan para wisatawan. Beberapa penginapan mulai dari kelas 300 ratus ribu – 1 juta mulai bermunculan. Tak heran jika setiap tahun angka pengunjung mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Bagi saya, Situ Gunung adalah lokasi yang tepat untuk berdiam diri. Saya menyebutnya sebagai “tempat pelarian”. Menikmati udaranya yang sejuk, duduk santai di pinggiran danau sembari menikmati segelas kopi. Ntah kenapa, saya benar-benar bisa menikmati rasa kopi di tempat ini. Tentunya jika cuaca tidak hujan.

situ-gunung-sukabumiBanyak pilihan hotel murah di sukabumi. Dan di area situ gunung sendiri, selain menyediakan penginapan, disini juga menyediakan camping ground. Kalau kamu suka alam bebas, cobalah sesekali bermalam mendirikan tenda di sini. Cukup dingin walau tidak sebeku puncak gunung. Dan tentunya cukup nyaman karena fasilitas toilet umum juga tersedia. Pada libur weekend banyak anak-anak SMA dan mahasiswa memenuhi camping ground untuk berwisata bersama para sahabat. Tidak hanya mereka, kegiatan Outbond perusahaan juga sering menggunakan lokasi ini untuk kegiatan outing. Cukup rame dan berisik. Itulah salah satu alasan kenapa saya jarang mengunjungi lokasi wisata disaat weekend.


Akses menuju Situ Gunung

Sebenarnya akses ke menuju Situ gunung bukan persoalan yang sulit. Dari Jakarta jaraknya hanya 120 km dan bisa menggunakan transportasi Bus umum atau Kereta. Ada juga angkutan jenis elf dari Ciawi langsung menuju Sukabumi. Memang agak sedikit deg-degan. Sebab sopir elf jurusan Ciawi – Sukabumi sangat terkenal ugal-ugalan. Ya harap maklum (meskipun jangan) karena trayek sepanjang Bogor – Ciawi – Sukabumi adalah jalur super macet dan susah bergerak. Secara garis besar, rute yang harus kamu lalui adalah Jakarta – Bogor – Ciawi – Sukabumi. Jika menggunakan angkutan bus atau elf, kamu turun di Pos polisi Cisaat, kemudian disambung dengan naik angkot merah yang langsung mengantarmu sampai pintu gerbang Situ gunung. Mudah khan?

 

Share
error: Content is protected !!