Gallery Motor Bandong, Transportasi sungai di Kalimantan Barat yang masih Berjaya

Select language : enEnglish

Jangan hanya di rumah saja, Indonesia itu indah. Tak asing mendengar pernyataan ini. Terutama bagi mereka yang takut bereksplorasi mengenai Indonesia. Melihat kondisi alam yang ada di sekiatr kita, tak heran jika pernyataan tersebut betul adanya. Artinya, Indonesia menunggu anak bangsa untuk mengeksplor kekayaan sumber daya serta apapun yang unik di dalamnya. Bukan mengeksploitasi tetapi mengenalkannya pada mereka yang ingin tahu bahwa banyak sekali hal menarik yang kita miliki. Termasuk di setiap daerah, utamanya di pelosok yang jarang sekali tersentuh media. Misalnya saja sebuah museum di Kalimantan Barat yang terkenal akan daya tarik mengenai Gallery Motor Bandong.

Perjalanan ke Gallery Motor Bandong, Kabupaten Sintang

Lokasinya sekitar 13 km dari pusat kota di Kabupaten Sintang. Jika ingin mengunjungi museum ini maka hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Tak perlu khawatir akan infrastruktur jalannya. Dalam kondisi yang sudah beraspal, pengunjung bisa nyaman mendatangi Gallery Motor Bandong. Ada di sebelah kiri jalan dan begitu melihatnya, kamu bisa mendapatkan kesan menarik. Sebuah kapal besar yang terletak di area yang sangat luas dengan background bukit kelam yang berdiri kokoh di ujung sana. Sungguh komposisi yang luar biasa.

Kabupaten Sintang sebenarnya mempunyai banyak lokasi wisata yang belum diexplore. Seperti rumah Betang Ensaid panjang – Rumah tradisional kalimantan – yang ternyata mempunyai wisata edukasi yang dapat menambah wawasan kita tentang arsitektur. Tak hanya arsitekturnya saja yang menarik, budaya lokal seperti ritual Bejanih yang sarat dengan makna. Mengunjungi Gallery Motor bandong termasuk sebagai wisata edukasi. Mengetahui sejarahnya, sama halnya kita juga akan tau budaya Kalimantan yang sesungguhnya. Gallery motor bandong ini disebut sebagai kapal nabi Nuh. Kenapa?

Sejarah Gallery Motor Bandong, Kabupaten Sintang

Banyak masyarakat setempat yang menyebut gallery motor bandong sebagai kapal Nabi Nuh. Tak lain karena bentuknya yang diserupakan dengan rumah kapal di era Palestina tua. Ada banyak cerita yang mengatakan di era tahun sekitar 60an, kapal motor bandong ini sempat berjaya. Menjadi andalan sebagai alat transportasi di sepanjang aliran sungai Kapuas. Tentu transportasi ini digunakan oleh masyarakat setempat. Biasanya digunakan untuk mengangkut segala kebutuhan mereka. Baik sebagai sarana transportasi angkutan atau untuk mengangkut barang. Biasanya motor bandong akan menyusuri sungai Kapuas dengan rute dari Kota Pontianak sampai ke daerah pedalaman.

Karena bentuknya yang unik, ada juga yang menyebutnya sebagai rumah terapong. Tak heran jika dulu kapal motor bandong ini memang memiliki sekat dan ruang yang komplit di dalamnya. Mereka yang menjalankannya serasa ada di rumah.

Keunikan Gallery Motor Bandong di Dalamnya

Gallery motor bandong bisa dibilang adalah museum. Didesain khusus dengan arsitektural yang unik yakni sebuah Kapal Bandong. Menyerupai rumah masyarakat dari Melayu Kalimantan Barat. Didalamnya juga berisi sekat – sekat yang sudah dijadikan beberapa ruang. Mulai dari kamar, dapur, ruang bercengkrama atau buritan yang terdapat gudang untuk menyimpan banyak barang.

Warna dari kapal ini kombinasi merah dan biru. Menjadi spot foto yang tepat untuk para wisatawan. Tidak hanya itu, kita bisa naik ke lantai atas museum. Ada berbagai macam benda yang bernilai seni dan budaya. Misalnya saja seperti kain tenun ikat. Ada juga aksesories khas seperti manik-manik dan juga patung pahatan serta banyak lagi kerajinan tangan khas Kalimantan lainnya yang dipamerkan.

Mengapa menjadi wisata edukasi ? Gallery Motor Bandong juga memiliki alat musik tradisional seperti misalnya sape’. Ada juga karya lukisan yang terpampang di bagian dinding dalam kapal. Sementara bagian bawah atau di bagian perut kapal, pengunjung bisa juga melihat mesin kapal bandong yang dibuat oleh Belanda dan masih dalam kondisi awet atau bagus.

Begitu banyak tempat unik yang perlu kita kenali. Indonesia menyimpan banyak cerita dan kilas sejarah yang ada di setiap daerah. Gallery Motor Bandong salah satu yang menjadi bagian di dalamnya. Museum mengenai transportasi zaman dulu yang pernah berjaya.

error: Content is protected !!